Home » Internet, Internet Umum, Web/Blog

Geni, Pohon Keluarga

8 January 2009 No Comment Kontributor : g.gunawan

Silsilah, disebut juga trah atau pohon keluarga, adalah suatu bagan yang menampilkan hubungan keluarga dalam suatu struktur pohon. Cabang ilmu yang mempelajari keluarga dan melacak garis keturunan serta sejarahnya disebut dengan genealogi, dari bahasa Yunani γενεά (genea, “keturunan”) dan λόγος (logos, “pengetahuan”).

geniGeni memiliki fitur yang cukup baik sebagai suatu situs jejaring sosial bagi anggota keluarga. Tampilannya cukup bagus dan mudah untuk digunakan. Beberapa fitur berguna yang dimilikinya adalah:

  • Rangkuman berita keluarga (family news) mengenai perubahan data yang terjadi, foto yang dimuat, komentar yang dikirimkan.
  • Kalender ulang tahun individu dan ulang tahun perkawinan anggota keluarga serta pengiriman email pengingat ke anggota keluarga lain menjelang tanggal-tanggal tersebut.
  • Pohon keluarga dalam bentuk aplikasi Flash yang mudah digunakan.
  • Halaman profil individu yang memuat informasi mengenai orang tersebut, serta alur hubungannya dengan kita.
  • Garis waktu (timeline) seorang individu seperti kelahiran, menikah, pendidikan, bekerja, dll. Juga bisa suatu dibuat suatu peristiwa khusus seperti acara halal bihalal, dll.
  • Pemuatan foto dan video yang tidak dibatasi serta pemberian tag untuk seseorang di foto atau video tersebut.
  • Pemberian komentar di buku tamu individu serta di suatu acara/peristiwa atau foto.

Situs lain yang serupa dengan Geni antara lain adalah MyHeritage dan Genoom, masing-masing dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Keunggulan Geni yang paling utama yang saya rasakan adalah akun gratis Geni tidak membatasi besar berkas yang bisa dimuat. Untuk saya ini penting karena salah satu hal paling menarik untuk dibagi dengan anggota keluarga adalah foto dan video. Bagian layanan pelanggannya juga sangat responsif terhadap pertanyaan. Dalam waktu satu hari biasanya email pertanyaan saya sudah dijawab oleh mereka.

Kelemahan Geni antara lain adalah:

  • Kurang lengkapnya halaman bantuannya, walaupun ini bisa diimbangi dengan keberadaan forum pengguna dan layanan pelanggan yang baik.
  • Tidak menyediakan pilihan bahasa lain selain bahasa Inggris yang rasanya akan sangat mengurangi potensi pengguna mereka dari negara-negara yang cukup fanatik menggunakan bahasanya sendiri seperti bahasa Jepang, bahasa Spanyol, bahasa Indonesia (?), dll.
  • Tidak tersedianya laporan-laporan statistik seperti sebaran anggota keluarga menurut jenis kelamin, umur, dll.
  • Tidak adanya fitur sinkronisasi dengan aplikasi destop genealogi selain melalui berkas GEDCOM.
  • Tidak adanya fasilitas ekspor pohon keluarga atau daftar keluarga ke berkas seperti CSV atau JPG.

Di luar kelemahan-kelemahan tersebut, secara keseluruhan, Geni sangat memadai untuk menjadi suatu situs jejaring sosial untuk anggota keluarga.

Untuk menutupi kelemahan dari sisi pelaporan dan fitur ekspor, terpaksa saya melirik aplikasi destop genealogi. Ada dua aplikasi yang saya gunakan, yaitu aplikasi berbayar Family Tree Maker dari The Generations Network serta aplikasi gratis Ahnenblatt dari Dirk Böttcher.

Dikutip dari : http://ivanlanin.wordpress.com/

Related posts: