Home » MyCianjur, Sarana Prasarana, Wisata

Pantai Jayanti, Cidaun

10 January 2009 27 Comments Kontributor : g.gunawan

Tidak semua warga Cianjur pernah mengunjungi Pantai Jayanti, tapi kalo ditanya pernah ke Bali atau Pangandaran pasti hampir semua orang pernah atau tahu tentang Pantai Pangandaran. Ironis memang, Warga Cianjur tidak mengetahui banyak tentang Aset-aset wisata yang sebenarnya tidak kalah indah dan menarik dibanding daerah lain. Banyak alasan memang dan itu semata-mata bukan karena masyarakat tidak mau ikut bangga memiliki Pantai Jayanti.

Saya pribadi ikut mengalami bagaimana suka dukanya naik motor hujan-hujanan menuju ke Pantai Jayanti dengan medan jalan yang bisa dibilang akan menjadi hambatan untuk bisa FUN dalam perjalan.

Berikut dikutip dari http://www.suarakarya-online.com/news.html?id=139846 tentang Pantai Jayanti Cidaun, Cianjur :

Jarak yang cukup jauh memang seringkali menjadi alasan utama, selain itu akses transportasi dan jalan juga tidak lepas dari pertimbangan Warga Cianjur untuk berkunjung ke Wisata Pantai Jayanti ini.

Keberadaan Pantai Jayanti memang belum sepopuler Pangandaran, Ciamis, atau Pelabuhanratu, Sukabumi. Tapi panorama alamnya, tak kalah dengan dua obyek wisata tersebut. Itulah Pantai Jayanti di Desa Cidamar, Kecamatan Cidaun, Cianjur selatan, Jawa Barat, sekitar 143 km arah selatan dari pusat Kota Cianjur.

Pantai Jayanti yang baru ditata tahun 80-an dan dikenal sebagai obyek wisata sepuluh tahun kemudian, memang belum mampu menandingi kepopuleran Pangandaran dan Pelabuhanratu yang sudah berkembang puluhan tahun lebih dulu.

Yahya (46), warga Kota Cianjur mengatakan, kalau terus ditata, Jayanti akan semakin ramai dikunjungi wisatawan. “Saya dan keluarga senang berlibur ke sini, karena selain pemandangannya cukup indah dan bisa menikmati gurihnya ikan bakar, juga udaranya masih sangat bersih,”katanya.

Jayanti memang masih terbebas dari polusi apa pun, apalagi polusi udara atau pencemaran air. Pemukiman penduduk saja belum terlalu banyak. Kecuali barangkali adanya bau anyir ikan, dan ini sebetulnya aroma khas sebuah objek wisata yang sekaligus merupakan sebuah pelabuhan nelayan.

Di sana terdapat bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI), serta di depannya terdapat kios-kios pengecer ikan dan kios jajanan lain serta warung nasi yang dapat menyediakan ikan bakar sesuai pesanan.

Kondisi pantainya sendiri terbangun atas pasir laut di sebelah kanan dan batu-batu karang di sebelah kiri. Ombak samudera bergulung-gulung, lalu berdebur menerpa batu-batu karang.

Beberapa puluh meter dari pantai terdapat pelataran parkir cukup luas. Hanya beberapa puluh meter pula terdapat beberapa penginapan milik swasta. Tarifnya relatif murah, rata-rata Rp 75 ribu per malam.

pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur terus menata Jayanti melalui dua dinas terkait, Dinas Perhubungan Pariwisata (Dishubpar) dan Dinas Peternakan Perikanan (Disperik).

Dishubpar misalnya, melakukan penataan agar Jayanti bisa menjadi obyek wisata pantai yang semakin nyaman, antara lain menanam popon-pohon pelindung sekaligus peneduh, membangun kios untuk para pedagang setempat serta merelokasi warung-rumah (warung yang sekaligus dijadikan tempak tinggal) ke tempat yang lebih pantas tapi masih dalam areal Jayanti.

Sedangkan penataan yang dilakukan Disperik antara lain membangun TPI dan dermaga sepanjang lebih-kurang 200 meter. Pembangunan dermaga ini merupakan proyek awal dari rencana pengembangan Jayanti sebagai pelabuhan setingkat Palabuanratu, sehingga nantinya Jayanti menjadi obyek wisata pantai yang refresentatif.

Pantai Jayanti bisa ditempuh dari Kota Cianjur dan Bandung melalui dua ruas jalan, yakni ruas jalan Kota Cianjur-Sindangbarang-Cidaun dan Bandung-Ciwidey-Naringgul-Cidaun.

Tapi untuk menuju Jayanti melalui ruas jalan Bandung-Naringgul-Cidaun yang berkelok-kelok dan naik-turun, lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena angkutan umum dari bandung hanya sampai di Balegede. Kecuali pengunjung mencarter angkutan umum bisa sampai ke Pantai Jayanti.

Karena itu wisatawan yang datang ke Jayanti umumnya menempuh perjalanan dari Kota Cianjur. Di Kota Tauco ini, tepatnya di Terminal Pasirhayam, cukup tersedia angkutan umum berupa bus dan Elf yang langsung menuju Cidaun dengan waktu tempuh sekitar 4 jam. Dari sini, sejauh 8 km, naik ojek sampai Jayanti. (Ar-Rasyid)

Related posts:

  • yayangkukangen

    terimakasih info ini benar2 berarti,makin penasaran ama cidaun gt

  • http://www.cidaun.co.cc ebeeth

    sedikit info, arah cidaun bertambah, bisa ditempuh dari arah Garut-pameungpeuk-Cidaun, itu juga kalo orang Garut, kalo yang Asal Cianjur dan Bandung seperti biasa.

  • http://www.putragaluh.web.id g.gunawan

    trims atas informasinya .. jangan ragu2 untuk jadi kontributor ya biar bisa share lebih banyak dengan warga cianjur lainnya. nuhun

  • BAMBANG

    SALAM KA AKI APAU DAN MANG DEDY SEKELUARGA

  • BAMBANG

    PAGI-PAGI KE PANTAI NGEROKOK DAN NGOPI ASYIK, CIDAUN I LIKE IS IT, MY FAMILY AND BEST FRIEND GIRL, BERSAMA HIMPUNAN PETANI PEDAGANG DAN PENGRAJIN HASIL BUMI JAWA BARAT ( HIPALAPA PROP.JABAR) KITA DIRIKAN PASAR KERAJINAN DESA CIDAUN UNTUK MENDORONG WISATAWAN MASUK KE CIANJUR SELATAN DAN TINGGALKAN CIANJUR BAGIAN UTARA

  • http://pctangerang.blogspot.com IvanD

    tanggal 26-27 feb 2009, kami 4 orang survey ke jayanti, untuk pelantikan member baru Bajaj Pulsar Motorcycle Club Tangerang…track yg kami lewati dari cibeber tembus sukanegara dan jayanti…track pulang kami lewat Jayanti ciweduey, situ patengan, padalarang…..tangerang….lumayan Pulang pergi 500km, untuk motor kami 1 tank bahan bakar lebih dari cukup, salam Pulsar Club Tangerang….dua jempol buat jalur ke jayanti.
    thank , IvanD

  • John

    keren juga keliatannya.jadi penasaran. Mau nanya donk, kalo dari kota Bandung ke pantai cidaun brp km? brp jam? kondisi jalan bgm? trims ya

  • http://www.tipskom.co.cc elmubarok

    penaknamah ngajaring lauk, trus mun menang di bakar,, heheh puas..
    jd inget dlu waktu masih sekul d aliyah al-holilyah..
    slm knla ma semua..
    ikutan mampr neh..

  • yogi

    “sumun kang abi oge.. jd emut waktos school d smk..

  • Jevisa guntur g

    hayu urang ciptakeun cidaun jayanti tempat parawisata anu kajojo…. di manca negara..

  • http://www.facebook.com/galuhweb GaluhWeb Hosting Provider

    Cidaun kalo mau dimaksimalkan, tidak kalah dengan pantai yang lain ..

  • http://www.facebook.com/ewink.kasep Edwin Mahatir محمد رمضان

    Mangstaph….

  • http://www.facebook.com/ewink.kasep Edwin Mahatir محمد رمضان

    satuju pisan atuh eta mah…hayu ah..

  • http://www.facebook.com/ewink.kasep Edwin Mahatir محمد رمضان

    betul…masih banyak potensi yg harus dikembangkan…tapi pamarentah na ngdukung moal nya????

  • RINI

    WINK.. ieu geningan tos aya weba na. tuh kan teu ngajak jalan2 na.
    tos atuh ramekeun di dieu we nya??

  • http://www.indohoy.com indohoy

    wah, tempat wisata yang cukup menarik tapi kok pd gk tau yah?

  • kodok voc

    Jayanti : Jaya nanti ( kata kake ku ) memiliki panorama alam yang cukup indah dan tak kalah meneriknya dengan wisata alam yang ada di Indonesia. Derasnya ombak pantai jayanti dan masyarakat sekitarnya yang masih kental dengan adat budaya sunda, menjadi ciri khas tersendiri.
    Salam : Ki cici (bobojong), Kang Lili, Ki Ajud (cipakis).
    I like pantai Jayanti

    Creatife by : Kodok Voc / Naringgul

  • http://mochamad.usman@yahoo.co.id M. Usman

    Cukup jauh juga, apabila ditempuh dengan kendaraan pribadi khususnya sepeda motor dari Bandung, Ciwidey, Patengan, Balegede, Naringgul, bisa ditempuh dalam 4-6 jam-an, namun kita terhibur dengan indahnya pemandangan

  • http://mochamad.usman@yahoo.co.id M. Usman

    Kondisi jalannya cukup bagus dan disepanjang jalan banyak penjual bensin eceran

  • Nana Permana

    Kalau mau ke Pantai Jayanti Cidaun Cianjur bisa juga melalui jalur Bandung-Pangalengan-Talegong-Cisewu-Rancabuaya Garut-Cidaun Cianjut.Tak kalah indahnya pemandangan antara Rancabuaya-Cidaun.

  • Fedri Vidi

    pengen dunk maen kesana….
    tapi nggak ada temen…
    i love jayanti….

  • FARID

    saya cari kacang merah atau kacang polong, ada yg tau gak lokasi sentranya di cianjur ? atau mungkin ada yg jadi pengepulnya di cianjur, saya siap bayar cash.!!

    saya butuh 25 ton / bulan.

  • http://cianjurcybernet ayonk

    memang cianjur pantainya masih bisa dibilang perawan,msh asli,belum banyak terjamah,tapi sy imbau utk pengunjung jangan berbuat maksiat di pantai sy ya,,, sy asli anak pantai SEREG sindangbarang cianjur.

  • ppepey

    hyong k jayanti tta apal jalan ahhheehe pdahal d cibber ahahh

  • dodoel

    mau tanya dong…??

    klo dri arah bksi ith lwat mana trus kndisi jaln’y gmana…??
    trimakasih slam knal…
    majukan potensi wisata cianjur..

  • kurnia

    bagaimana untuk penginapan di pantai jayanti?

  • mantep

    Punten kang….msh aktif ?