Home » Pertanian, Sarana Prasarana

Vedca/Raped ?

9 February 2009 3 Comments Kontributor : g.gunawan

vedcaVocational Education Development Center For Agriculture (VEDCA) merupakan unit pelaksana teknis di lingkungan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependididkan, Departemen Pendidikan Nasional yang pendiriannya mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 08 tahun 2007 tentang organisasi dan tata kerja Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, secara resmi mulai beroperasi pada tanggal 13 Februari 2007. VEDCA memiliki tugas melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan di bidang pertanian dan mempunyai fungsi, yakni :

  1. Penyusunan program pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan
  2. Pengelolaan data dan informasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
  3. Fasilitasi dan pelaksanaan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
  4. Evaluasi program dan fasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan
  5. Pelaksanaan urusan administrasi PPPPTK

Visi:
Meraih kualitas hidup yang lebih baik dan menjemput kemakmuran bumi, melalui pembentukan insan profesional

Misi:

  1. Menyelenggarakan layanan fasilitasi terstandar
  2. Melakukan pengkajian, pengembangan dan pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam perannya sebagai fungsi think tank
  3. Melakukan penjaminan mutu fasilitasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  4. Memberdayakan asosiasi Pendidik dan Tenaga Kependiidkan, dan pusat pembelajaran masyarakat
  5. Memfasilitasi pemenuhan kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan

“VEDCA” – VERSATILE, DEDICATED, AND CARE adalah semboyan kami dalam mengembangkan sistem agribisnis melalui pemberdayaan SDM dan produksi hasil-hasil pertanian. Kebijakan Mutu kami adalah:

VISIONARY INOVATION,
EXCELLENT SERVICE,
DYNAMIC METHODOLOGY,
CREATIVE TRAINING and CONSULTANCY,
ACTIVE IN AGRICULTURE PRODUCT, AGROINDUSTRY PRODUCTION, AND ORGANIC FARMING

Saat ini, VEDCA merupakan lembaga di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional yang bertanggung jawab secara teknis dalam pengembangan dan pemberdayaan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Lingkup layanan dan produk yang dihasilkan dari pelaksanaan kegiatannya, terutama meliputi hal-hal yang berkaitan dengan fasilitasi pendidikan kejuruan, layanan jasa konsultansi serta produk-produk yang berhubungan dengan aspek teknis pada sub-sektor pertanian tanaman hortikultura, pangan, perkebunan dan kehutanan, perbenihan tanaman, sub-sektor peternakan, sub-sektor perikanan dan kelautan, sub-sektor pengolahan hasil pertanian, alat mesin pertanian, pertanian organik dan aspek-aspek ekonomi dalam agribisnis.

Beberapa aktivitas yang telah dilaksanakan antara lain berupa:

  1. pengembangan kurikulum bagi sekolah kejuruan pertanian;
  2. pengembangan bahan ajar/bahan latihan yang diperlukan dalam pendidikan dan latihan kejuruan pertanian;
  3. pengembangan program dan asistensi peningkatan mutu sekolah kejuruan pertanian;
  4. pelatihan manajerial bagi para pengelola sekolah menengah kejuruan;
  5. pelatihan kependidikan dan kejuruan bagi para pengelola dan pelaksana sekolah menengah kejuruan pertanian;
  6. pendidikan dan pelatihan agribisnis bagi masyarakat umum dan departemen lainnya diluar Departemen Pendidikan Nasional;
  7. produksi berbagai hasil pertanian (tanaman, ternak, ikan) dan hasil olahnya;
  8. pengembangan/inovasi teknologi kependidikan dan latihan serta hal-hal yang berkaitan dengan sektor pertanian; dan
  9. pelaksanaan pendidikan Diploma (DIII-IV) bidang Kultur Jaringan, Teknologi Benih, Agribisnis Ruminansia, Budidaya Perairan, Perikanan Tangkap, Pengawasan Mutu Agroindustri, Rancang Bangun Alat Mesin Pertanian, Teknologi Herbal, Manajemen Kelapa sawit, Manajemen Logistik, Teknologi Pabrikasi Kelapa Sawit, Manajemen Ulat Sutra.

Mengingat bahwa pengembangan dan peningkatan mutu pendidikan dan latihan kejuruan pertanian tidak dapat lepas dari keterkaitannya dengan dunia kerja sektor pertanian, maka VEDCA tidak hanya melayani dan berhubungan/bekerja sama dengan lembaga pelaksana pendidikan menengah kejuruan pertanian, namun juga melayani dan berhubungan/bekerja sama dengan masyarakat umum (industri, pengusaha, petani, dan peminat bidang pertanian) secara langsung.

Sumber : http://www.vedca.net

Related posts:

  • halik

    salam untuk semua pegawai diploma dari alumni angkatan IV saran untuk program selanjutnya agar jangan diploma III atau IV mohon langsung S1 saja.

  • priyadi

    Semua program yg ada di VEDCA melalui analisis terlebih dahulu, mungkin termasuk “halik said: langsung ke S1 saja” itu merupakan usulan yang baik. VEDCA mencoba selalu menjalankan Tupoksi-nya, termasuk di dalamnya ada “divisi kerjasama perguruan tinggi” agar dapat mewadahi kebutuhan SDM dilapangan. VEDCA selalu terbuka terhadap program-program untuk memajukan bangsa dan negara ini khususnya bidang pendidikan pertanian secara luas.

  • http://copsol said

    terimakasih pak udah mw menanggapi komen saya, sebenarnya saya ingin kembali ke VEDCA apa bila ada program join dengan UPI atau ITB yang S1. dengan adanya penilaian sumber mutu pendidikan dan skil yang dimiliki para alumni dari VEDCA saya merasakan cukup memadai bila di bandingkan dengan alumni lainya, saya juga merasa bangga bahwa saya alumni dari vedca, dengan demikian maka saya sagat berharap jika pada tahun ini ada program S1 di VEDCA Cianjur.