Home » Khas, Kuliner

KHAS, Tauco Cianjur

28 February 2009 2 Comments Kontributor : g.gunawan

taucoSatu lagi yang menjadi Khas Cianjur yakni Tauco Cianjur. Tauco yang bahannya dari kacang kedele dapat di jadikan makanan variatif seperti geco (toge+tauco), sambal, tauco atau pecel tauco. Mudah didapat di kota Cianjur dan dijadikan oleh-oleh bagi masyarakat luar kota Cianjur yang singgah di Cianjur.

Produksi tauco Cianjur kini semakin menyusut, seiring dengan berkurangnya jumlah pengusaha yang menggeluti usaha pembuatan makanan khas Cianjur ini. Beberapa tahun terakhir ini, produksi tauco Cianjur yang sempat mengalami masa kejayaan dengan go international turun drastis. Banyak pengusaha tauco yang gulung tikar atau pindah ke usaha lain. Alasan mereka, kurang bisa bersaing dengan makanan impor yang masuk ke kota santri ini. Alasan ini semakin kuat ketika sudah dibukanya jalur Tol Cipularang yang diyakini telah menurunkan omset penjualan para pengusaha tauco ini.

Memang banyak pengusaha yang bangkrut. Tapi bukan karena hal-hal tertentu, melainkan karena faktor mental yang belum teruji. Sehingga mereka memilih usaha lain, karena memandang usaha tauco tidak menjanjikan.

Dikutip dari Gatra 03/10/2002, Wiri Jati Tasma (70), salah seorang pengusaha tauco di Cianjur yang masih bertahan mengaku, ia memilih bertahan memproduksi tauco, sebab ingin mempertahankan tauco apa adanya, agar ciri khasnya tidak hilang. Karena itu, meski ditawari kredit oleh bank, Wiri menolaknya.

Ia mengaku sebagai generasi ketiga dari pembuat tauco pertama (“Cap Meong”) di Cianjur yang dilakukan secara turun temurun sejak tahun 1880. Waktu itu, kakeknya bernama Tan Ken Yan, pertama kalinya mencetuskan ide membuat tauco. Wiri mengungkapkan, banyak pengusaha sejenis yang tidak tahan menghadapi persaingan usaha, sehingga mengalami kebangkrutan.

Related posts:

  • puja astawa.s.e

    bagus jadi saya bisa mengenal makanan kas cianjur… tapi bisa direkomendasikankah. alamat dan nomor telpon pabrik yang bisa dihubungi
    dan saya akan coba untuk bisa dipasarkan di bali..terimakasih

  • barron

    alamat produksinya dmn ? kalo beli pakai drigen bgmn? sms no tlp nya ke sy di 081218885969, terima kasih.