Home » Aktivitas Warga

Bupati Cianjur Bersama Gubernur Jabar Tebar 1 Juta Ekor Benih Ikan

11 March 2009 No Comment Kontributor : g.gunawan

retockingbesar5Bupati Cianjur H. Tjetjep Muchtar Soleh dampingi Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan dalam kegiatan Gerakan Restocking Benih Ikan di Waduk Cirata, Sabtu (07/03). Dalam acara tersebut Bupati bersama Gubernur Jabar secara simbolis menebar 200 ribu benih ikan dari total 1 juta ekor ikan yang akan ditebar. Jenis ikan yang ditebar adalah Bandeng, Tawes, Nilem, dan Grass Carp.

Bupati Cianjur mengatakan peranan perikanan dalam pembangunan kabupaten cianjur sangat strategis, karena memberikan kontribusi nyata dalam pemenuhan kebutuhan pokok dan gizi, penyedia lapangan kerja, pendorong pemerataan dan pertumbuhan ekonomi pedesaan, memperkuat ketahanan pangan serta menghambat urbanisasi.

Dengan adanya gerakan restocking ikan ini diharapkan dapat menjaga bahkan menambah ketersediaan ikan di waduk cirata. Event ini merupakan implementasi menuju cirata yang lestari, yang gerakannya sudah dimulai sejak tahun 2002. Kami berharap, kegiatan ini dapat mendorong peningkatan pembangunan perikanan, menghasilkan populasi ikan yang aman dikonsumsi, meningkatkan kegemaran makan ikan, dan sebagai peningkatan sumber daya manusia dalam pemanfaatan teknologi perikanan serta perbaikan ekosistem perairan waduk.tegas Bupati.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan mengatakan kegiatan restocking ikan ini bertujuan untuk menyeimbangkan kondisi alam di Waduk Cirata. Agar terjadi keseimbangan, maka diperlukan 200 juta ekor ikan per tahun. Oleh karena itu, kegiatan restocking serta pelestarian alam ini bukanlah merupakan kewajiban Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta Pemerintah Kabupaten Cianjur saja, tapi juga merupakan kewajiban kita semua.

Sumber : cianjurkab.go.id 10/03/2009

Related posts: