Home » Umum

Pembuatan Sim Massal Disambut Baik Warga

15 April 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

SIM merupakan singkatan dari Surat Izin Mengemudi merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi bagi pengendara kendaraan bermotor di jalan raya. SIM berfungsi sebagai sarana identifikasi atau jati diri seseorang, sebab dalam SIM tergambar identifikasi pemiliknya, selain itu SIM berfungsi sebagai tanda bukti bahwa si pemegang SIM telah memiliki kemampuan, pengetahuan dan keterampilan untuk mengemudi kendaraan bermotor tertentu.

Berdasarkan golongan SIM terdiri dari golongan A,B1,B2,C dan D. Berkaitan dengan masalah SIM ini sedikitnya 228 orang warga kecamatan Cugenang mengikuti pembuatan surat izin mengemudi (SIM) massal. Kegiatan dipusatkan di halaman Mapolsek Cugenag Cianjur belum lama ini.

Pada Kesempatan ini Kapolsek Cugenag AKP. L. Woro W ,SH mengatakan terlaksananya pembuatan SIM massal ini mulanya merupakan inisiatif masyarakat, khususnya para pengendara ojek. Ide itu kemudian direspon baik, karena tujuannya untuk mendukung ketertiban berlalu lintas. .Berdasarkan data yang terkumpul di Mapolsek Cugenang, tercatat sedikitnya 228 orang warga yang mendaftar diri sebagai peserta pembuatan SIM massal. Kegiatan pembuatan SIM massal itu dilaksanakan serentak selama satu hari.

Kegiatan pembuatan SIM massal ini, sangat dirasakan menfaatnya oleh warga selain tidak harus langsung mengurus ke Polres Cianjur yang jaraknya cukup jauh dari tempat tinggal warga, juga dapat mengurangi biaya dan jarak tempuh, hal ini disampaikan oleh Apeng (50) warga Desa Sukamulya salah seorang pembuatan SIM massal. Keguanaan lain polisi dapat pula memanfaatkan situasi melakukan sosialisasi kesematan berkendaraan di jalan raya termasuk penggunaan helm merupakan kewajiban bagi para pengendara kendaraan roda dua.

ref: cianjurkab

Related posts: