Home » Pendidikan

Kegiatan MOS di SMKN I Cilaku Cianjur

18 July 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

Penutupan MOS Diakhiri Pemberian Sembako dan Penanaman Bibit Pohon Masa Orientasi Siswa (MOS), saat ini tengah berlangsung baik SD/MI, SMP/MTs SMA/SMK/MA di wilayah Kabupaten Cianjur. Calon siswa diperkenalkan untuk mengetahui lingkungan sekolah dan belajar disiplin serta diberikan pengetahuan. Salah satunya yang dilaksanakan di SMKN I Cilaku, Cianjur.

Laporan : DENI ABDUL KHOLIK, Cianjur

Kamis (15/7), pagi sekitar pukul 09 : 00 WIB, suasana di SMKN I Cilaku, Cianjur begitu terasa. Disana terlihat sedang berlangsung penutupan MOS. Rangkaian penuturan MOS sendiri dikemas melalui pembagian sembako kepada kaum dhuafa, dan penananam 1 ribu bibit pohon di lingkungan sekolah tersebut. Selain itu, dilaksanakan pula Rajabat. Terlihat disamping sebelah kini, di sekolah tersebut, ada ratusan siswa. Mereka memakai pekaian seragam rapi. Ratusan siswa itu merupakan calon siswa SMKN I Cilaku, Cianjur hasil seleksi ketika penerimaan siswa baru (PSB), beberapa waktu lalu.

MOS ini dikemas dengan pola pembinaan kepada calon siswa. Selain pembinaan, juga mengenal lingkungan sekolah, dan berakhir dengan bhakti sosial, serta penanaman 1 ribu bibit pohon, kata Kepala Sekolah SMKN I Cilaku, Cianjur, Doni Drajat, didampingi, Ketua Panitia MOS, Wawan Samsul Rizal, kepada Radar Cianjur, kemarin. Jumlah siswa yang mendapaftar ke SMKN ini, sebanyak 475 orang. Lalu berdasarkan hasil seleksi baik secara lisan dan tulisan, yang dapat diterima di sekolah ini sebanyak 288 orang. Sedangkan satu kelas 36 orang. Dengan jumlah kelas satu, sebanyak delapan kelas. Sementara untuk jurusan sendiri ada empat jurusan. Masing-masing jurusan teknik gambar bangungan, instalasi listrik, teknik pemesinan dan otomotif. Setelah diterima sebanyak 288 orang, lalu sebelum belajar. Terlebih dahulu mengikuti MOS, ujarnya.

Materi MOS sendiri, dari mulai lingkungan seni, keorganisasian, dan pengetahuan umum. Selanjutnya, dalam MOS ini diterapkan mengenai cinta kasih antar sesama, kepedulian terhadap alam, lingkungan, dan masyarakat kurang mampu. “Kepedulian kepada masyarakat kurang mampu melalui pembagian sembako. Sembakonya juga dari siswa, dan sudah mendapatkan izin dari orangtua melalui rapat sebelumnya, imbuhnya. Kemudian, penanaman bibit pohon juga dari siswa. Satu siswa membawa bibit pohon, sebanyak dua pohon.

Saya bangga dan menyambut baik penutupan MOS, diakhiri dengan pemberian sembako kepada kaum dhuafa, serta penananam bibit pohon di lingkungan sekolah. Karena, pemberian sembako untuk membantu masyarakat kurang mampu. Sedangkan penanaman bibit pohon, untuk menghijaukan kembali kawasan Kab. Cianjur, kata Istri Bupati Cianjur, Rosdiyana Tjetjep Muchtar Soleh ketika menutup MOS SMKN I Cilaku.(**)

ref: radarsukabumi

Related posts: