Home » Sarana Prasarana

Jalan Lintas Selatan Jabar Jadi Nasional

11 August 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

Ruas jalan Selatan Jawa Barat (Jabar) sampai hari ini terus dikerjakan oleh pihak pengembang. Atas pengerjaan ini tentunya sesuai harapan semua pihak terutama warga Cianjur Selatan. Sedangkan harapan itu sejalan pula dengan rencana Pemerintah Kabupaten Cianjur dan Pemrov Jabar, untuk mengubah status jalan. Yakni dari mulai  jalan Provinsi dan jalan non status menjadi jalan nasional.

“Ruas jalan Jabar Selatan sekitar sepanjang 421,17 km mulai dari batas provinsi Banten – Kalipucang batas Provinsi Jawa Tengah akan terus dikembangkan (dengan pesat red),” kata Camat Agrabinta, Rustandi , kepada Radar Cianjur, kemarin. Menurutnya,  jika perubahan system pembangunan maupun status jalan menjadi jalan nasional benar-benar dilaksanakan, akan berdampak positif terhadap perkembangan berbagai sektor bagi masyarakat, khususnya wilayah Cianjur Selatan,  guna menunjang sektor pariwisata dan jiga sektor lainnya akan terangkat. “Umpamanya kita akan pergi ke Bandung, Pangalengan atau ke Rancabuaya, hanya beberapa jam saja jika jalur ini sudah selesai dibangun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Bina Marga Jabar, Sjaefuddin Makmun menjelaskan, perubahan status jalan sebelumnya telah diusulkan Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan kepada Departemen PU beberapa bulan lalu. Bahkan sudah direspon oleh Menteri PU. Sedangkan, dampak lain akan menunjang perekonomian 10 juta penduduk miskin notabene terisolasi dan bermukim di Lintas Selatan Jabar. ”Kami bisa melihat tanda-tanda perkembangan itu. Mulai menjamurnya bangunan tempat-tempat penginapan dan hunian baru di sekitar Rancabuaya,” imbuhnya. Dia memaparkan, saat ini status jalan di Lintas Selatan Jabar terdapattiga status jalan (Nasional, Provinsi, Non Status).

Jalan Nasional (44,65 km), Jalan Propinsi (118,78 km) dam Jalan Non Status (257,74 km). Sejalan dengan berubahnya status jalan tersebut Pemda Jabar berharap tingkat perekonomian di Selatan Jabar akan meningkat pesat seperti halnya di Jalur Tengah dan Pantura Jabar. “Bahkan kali ini tengah  dikerjakan pelebaran jalan dan sebagian ruas jalan dibeton(daerah Sindangbarang-Agrabinta),’” pungkasnya.(den)

sumber: radarsukabumi

Related posts: