Home » Serba-serbi

Kades Hamerang Diduga Sunat Dana Bencana

23 August 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

Oknum Kepala Desa Hamerang, Kecamatan Cibinong, Cianjur selatan, HH (40) ditenggarai sunat bantuan dana bancana alam tahap pertama September 2009 lalu. Dana bantuan untuk perbaikan rumah yang rusak dengan tiga kategori itu diduga ditilep oknum kades sebesar Rp3 juta rupiah per kepala keluarga (KK).

Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) Kampung Cibalandong RT 02/01, Desa Hamerang, Cibinong, Parman (30) membenarkan dugaan tidak utuhnya dana bantuan yang diterima oleh para korban bencana alam tersebut. Dana yang diterima untuk ketua pokmas katagori rusak sedang sebesar Rp230 juta bagi 20 anggota korban bencana. Sedangkan untuk tiga orang anggota langsung diserahkan kades tanpa dipotong.
“Dari jumlah sebanyak 23 anggota yang berhak, tiga diantaranya diterima utuh, namun bagi 20 orang, dana itu dipotong terlebih dahulu oleh kepala desa sebesar Rp3 juta per orang,” terangnya.

Kades Hamerang Diduga Sunat Dana Bencana

Menurutnya, dana pemotongan sebesar Rp60 juta itu dipergunakan untuk kepentingan pribadi. Selain dana pemotongan untuk perbaikan rumah, kuat dugaan kades juga mempergunakan uang untuk lauk pauk dan family kit. “Dana itu juga kurang jelas pengalokasiannya, karena mekanisme pencairannya tidak melalui ketua pokmas melainkan melalui rekening camat ke pribadi,” tandsasnya.

Dia menambhkan, dana untuk lauk pauk, family kit dan untuk rumah rusak ringan itu sebenarnya yang paling riskan dipotong, karena tidak disosialisasikan terlebih dahulu dan kebanyakan masyarakat tidak tahu dengan adanya dana bantuan tersebut. “Padahal yang namanya dana bantuan gempa dari pihak pemerintah itu adalah amanah yang harus disampaikan secara utuh tanpa ada potongan,” ujarnya.

Perlu diketahui, bantuan untuk tiga kategori rumah bantuan bencana alam, antara lain, untuk rumah rusak ringan Rp250 ribu per orang, rumah rusak sedang Rp10 juta dan untuk rumah rusak berat Rp15 juta. Sedangkan bagi yang rumahnya rusak sedang dan rusak berat pemerintah memberikan lagi dana untuk lauk pauk dan uang family kit sebesar Rp940 ribu per rumah.

Terpisah, Kepala Desa Hamerang, HH, ketika hendak dikonfirmasi Radar Cianjur ke kantor desa masih belum bisa ditemui terkait soal adanya dugaan pemotongan dana bantuan bencana alam tersebut.(rp16)

sumber: radarsukabumi

Related posts: