Home » Sarana Prasarana

Pemasangan Kran Air Bersih Gratis

28 August 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

Masyarakat berpenghasilan rendah ( MBR ) di 5 (lima) titik di Kabupaten Cianjur patut bersyukur, sebab PDAM Tirta Mukti bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur telah memberikan layanan air bersih. Peresmian pemasangan kran air gratis tersebut secara simbolis dilaksanakan pada Selasa (24/08/10) di Kp. Berenuk Gg. Iklas RT 02 RW 13 Desa Limbangan Sari Kecamatan Cianjur oleh Bupati Cianjur Drs. H. Tjetjep Muchtar Soleh MM. Adapaun 4 (empat) titik lainnya yaitu 1 (satu) paket kran umum di Kp Berenuk Gg. Iklas RT 05 RW 07 Desa Limbangan Sari, 1 (satu) paket kran umum di Kp. Raweuy Desa Mekar Sari serta 2 paket kran umum di Jl. Prof. Moh. Yamin Gg. Persis Rt 01 RW 03 dan RT 05 RW 03 Kelurahan Sayang Kec. Cianjur.

Bupati Cianjur dalam sambutannya mengatakan, air bersih merupakan bagian dari kebutuhan masyarakat yang mau tidak mau harus diusahakan untuk dipenuhi. Air bersih tidak sekadar memenuhi kebutuhan masyarakat tapi sekaligus menunjang sektor kesehatan. Tersedianya air bersih akan menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit seperti disentri, kolera, dll.

Sementara itu Direktur Utama PDAM Tirta Mukti Yudi Junadi SH. MH. Mengatakan tujuan pembangunan sarana kran air bersih gratis bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) adalah agar semua lapisan masyarakat dapat menikmati layanan air bersih dari jaringan PDAM. Selain itu program ini merupakan salah satu wujud kepedulian PDAM untuk masyarakat cianjur.

Dana pembangunan kran air bersih gratis ini diambil dari anggaran PDAM Tirta Mukti sebesar Rp. 17.636.000,00. Sarana ini mampu mencukupi kebutuhan air bersih untuk 500 KK di 5 lokasi kran air bersih. (sumber: cianjurkab)

Sumber informasi lainnya dari radarsukabumi :

Warga Berenuk Nikmati Air Bersih

Warga Kampung Berenuk Desa Limbangansari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur dapat bernapas lega. Pasalnya, mereka kini menikmati sarana air bersih. Itu setelah PDAM Tirta Mukti Cianjur telah memasang lima unit kran air secara cuma-cuma di kampung tersebut.

“Pemerintah tidak henti-hentinya memperjuangan masalah air bersih. Karena itu merupakan kebutuhan pokok yang harus didapatkan masyarakat,” kata Bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh saat memberikan sambutan sebelum menandatangi papan nama Sarana Air Bersih (SAB) di Kampung Berenuk.

Ke depan tidak hanya di Kampung Berenuk saja yang diincar. Pembangunan kran air bersih juga bakal dilakukan di seribuan titik wilayah Kabupaten Cianjur. “Terutama daerah-daerah yang kekurangan air bersih atau rawan air besih,” terangnya.

Direktur PDAM Tirta Mukti Cianjur, Yudi Junadi menyebutkan, peresmian kran air bersih itu ditujukan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Penyerahan itu untuk kali kedua setelah sebelumnya, juga diresmikan kran air bersih sebanyak lima titik di Kampung Tugu, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur.     “Ini adalah bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat yang kekurangan air bersih,” ujarnya.
Yudi berharap, Pemkab Cianjur memiliki komitmen kuat untuk memberikan fasilitas umum air gratis. “Mudah-mudahan saja kami bisa menyediakan lima ribu kran air gratis di tiap titik yang dibutuhkan. Namun itu kembali kepada komitmen pemerintah daerah sendiri,” tandasnya.(rp17)

Related posts: