Home » Umum

Tunjangan Guru MD Segera Cair

23 September 2010 No Comment Kontributor : g.gunawan

Ribuan guru honorer yang berada di lingkungan  Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Cianjur bakal lega. Ini setelah kepastian pencairan tunjangan fungsional yang sempat mendeg bakal bergulir minggu-minggu ini.

Kepala Kementrian Agama Kemenag, Cianjur KH Yayat Hidayat menyatakan, guru honorer yang akan menerima TF tersebut sebanyak 2.872 orang. Jumlah tersebut terbagi dua guru honorer. Masing-masing guru honorer Srata Satu (SI), sebanyak 1.161 orang, dan guru honorer non SI, sebanyak 1.711 orang. “Para guru honorer tersebut, yang mengabdi baik di RA, MI negeri dan swata, Mts negeri dan swasta dan MA, negeri dan swasta,” katanya, kepada Radar Cianjur, kemarin.

Menurutnya, besaran TF sendiri satu orang guru Rp 1,5 juta. Jumlah itu terhitung selama enam bulan dari mulai bulan Januari s.d Juni 2010. Sedangkan jika dikalkulasikan uang dengan jumlah guru yang menerima TF, Rp 4 Milyar lebih. “TF sendiri, nantinya akan masuk ke masing-masing rekening guru penerima,” ujarnya. Dia menjelaskan, salah satu kendala realisasi TF, yakni kaitan validasi data para guru honor. Salah satunya guru honorer yang diangkat PNS, mendapatkan lagi TF, guru honorer yang sudah tidak aktif lagi mengajar, tetapi mendapatkan lagi.

Lalu tenaga yang mengurusi TF di Mapenda, terbatas. “Karena itu, kami terkendala masalah teknis ketika proses realiasi TF,” tuturnya. Dia mengakui, Kamenag sendiri, sudah mengeluarkan surat perintah membayar (SPM), tanggal 30-08. Selanjutnya, bendahara umum negara mengeluarkan surat perintah pecairan dana (SPPD), tertanggal 6/9, sebelum lebaran kepada salah satu bank yang ditunjung oleh negara, untuk merealisasikan TF kepada masing-masing guru penerima. “Kami asumsikan uang tersebut, sudah masuk ke rekening guru honorer, karena sudah ada SPPD, tetapi saat dicek ternyata belum . Meski begitu, kami sudah konfirmasikan lagi kepada bank, dan dana tersebut minggu ini segera cair, “ imbuhnya.(den)

sumber: radarsukabumi

Related posts: