Home » Pembangunan

PNPM Mandiri Pedesaan Serap 29 Kecamatan

30 March 2011 No Comment Kontributor : g.gunawan

Tahun 2011 ini, Kabupaten Cianjur kembali mendapat program MLM kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan sebesar Rp 54.900.000.000 (lima puluh empat miliar, sembilan ratus juta rupiah). “Dari 32 kecamatan, hanya 29 kecamatan yang mendapatkan alokasi anggaran PNPM Mandiri pedesaan yang masing-masing kecamatan besarannya bervariasi,” kata Kasubid Data dan Potensi Desa BPMD Kabupaten Cianjur, Dendi Kristanto, saat workshop ruang belajar masyarakat (RBM) PNPM Mandiri Pedesaan di Gedung Herlina Cianjur, kemarin.

Menurutnya,  dana  tersebut akan disalurkan melalui unit pengelola kegiatan (UPK), dari mulai Rp 600 juta sampai denan Rp 3 miliyar. Sedangkan semua kecamatan mendapat program itu, kecuali tiga  kecamatan yaitu Cipanas, Pacet dan Kecamatan Cianjur . “Tiga kecamatan ini, tidak mendapatkan dana PNPM pedesaan, karena ketiga kecamatan tersebut mendapat PNPM Mandiri Perkotaan,” ujarnya.

Sementara itu, koordinator Fasilitator PNPM Pedesaan Kabupaten Cianjur,  Ujang Aliyudin memaparkan, sediktinya ada 49 tahapan dalam proses perguliran program PNPM Mandiri Pedesaan di Kabupaten Cianjur. Sedangkan tahapan ini  dikawal mulai perencanaan dan pelaksanaan. Sementara dirinya juga akan mengawal dan mengamankan dana BLM (bantuan langsung masyarakat) dan operasional kegiatan untuk kegiatan perencanaan, pelatihan masyarakat dan tahapan lainnya. “Kita mencoba berupaya semaksimal mungkin, sehingga dana yang ada dapat tersalurkan, serta tepat sasaran,” tuturnya.

Dia memaparkan,  PNPN tahun ini, tidak terlalu banyak perbedaan dariPNPM yang sudah dilaksanakan. Sedangkan dalam program ini, harus ada pengintegrasian.  Cirinya pengintegrasian sebut Ujang, semua desa di masing-masing kecamatan kecamatan mempunya dokumen RKP dan RPJMD. “Ini perencanaan untuk semua, dan targeting kita tahun 2011,” paparnya.

Dia mencatat, dana PNPM Mandiri pedesaan t akan disalurkan 25 persen dari dana BLM atau bidang ekonomi dan 75 persen. “Kami juga  optimis  PNPMI Mandiri pedesaan ini, akan berjalan lancar, dan hasilnya memuaskan untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.(den/des)

sumber: radarcianjur

Related posts: