Home » Persib

Persib Harus Siap Menghadapi Kompetisi Yang Panjang

27 September 2011 No Comment Kontributor : g.gunawan

Belum keluarnya jadwal resmi Liga Super Indonesia musim 2011/2012 sampai detik ini disikapi santai oleh pelatih Persib Bandung, Drago Mamic. Jika kompetisi dimulai menurut jadwal semula yaitu antara tanggal 8 sampai dengan 14 Oktober 2011, Drago sudah mempersiapkan program-program yang diperlukan. Jika mengalami kemunduran sampai November mendatang, pelatih Kroasia inipun tidak perlu bingung, karena seharusnya mempersiapkan sebuah tim untuk mengarungi kompetisi minimal selama 6 minggu.

“Minimal persiapan sebuah tim harusnya 6 minggu, tapi kita hanya punya 3 minggu. Saya harus memodifikasi jadwal dan metode latihan supaya Persib siap melakukan pertandingan pertama dan kita susun juga program untuk satu musim ke depan,” ujar coach Mamic, Senin (26/9).

Program latihan Persib Bandung masih mengkombinasikan latihan fisik dan teknik. Para pemain masih digenjot fisiknya supaya mempunyai stamina dan power yang cukup saat pertandingan.

“Saat ini latihan masih kombinasi fisik dan teknik. Latihan ini juga tujuannya untuk membuat pemain lebih baik dalam bermain karena power merupakan satu aspek penting,’ papar Mamic.

Mantan pelatih Myanmar ini menerapkan program latihannya secara bertahap. Program ini tidak dimaksudkan untuk menghadapi satu pertandingan saja, akan tetapi diterapkan sebagai persiapan Persib Bandung mengarungi kompetisi panjang yang rencananya akan diisi 24 klub.

“Semua di sini selalu berpendapat bahwa latihan dikaitkan dengan persiapan menghadapi pertandingan. Saya baru di sini, masih belajar, dan melatih step by step. Saya tidak bisa langsung lompat langsung ke program yang berat. Kita tidak bisa mengatakan kita melakukan latihan hanya untuk menghadapi dan memenangkan satu pertandingan pertama saja, tapi untuk kompetisi yang panjang,” kata coach Mamic.

Selain latihan, program istirahat juga merupakan hal yang penting. Coach berpendapat, istirahat selain memulihkan stamina pemain, juga bisa membuat pemain lebih santai menghadapi tekanan dan  meningkatkan konsentrasi saat bertanding.

Persib Bandung“Kita akan menghadapi pertandingan-pertandingan berat di kompetisi sesungguhnya. Selain berlatih, satu yang tidak kalah pentingnya untuk pemain adalah beristirahat. Ini penting untuk melatih konsentrasi dan membuat pemain lebih rileks,” ujar Mamic.

Para pemain Persib disuruh untuk tidur dalam salah satu sesi latihan fisik pagi ini.

Hal ini terlihat ketika latihan Persib pagi ini di tempat kebugaran d’Groove. Pada satu sesi, Mamic hanya menyuruh seluruh pemain Persib untuk tidur di lantai tempat gym tersebut. “Saya seperti David Copperfield! Terkadang lebih mudah mengajak pemain ke disko daripada menyuruh mereka untuk beristirahat,” candanya sambil tertawa.

sumber: simamaung

Related posts: